Teknik

9 Teknik Dasar Dalam Permainan Sepak Bola Beserta Penjelasannya Terlengkap

Hallo sobat Edukasi Lovers,senang sekali rasanya pada kesempatan kali ini saya dapat membagikan artikel untuk menambah pengetahuan dan wawasan sobat Edukasi Lovers semua.Artikel yang akan saya bagikan pada kesempatan kali ini berjudul 9 Teknik Dasar Dalam Permainan SepakBOLA Beserta Penjelasannya Terlengkap

Berikut Ini Pembahasan Selengkapnya

Sepak BOLA adalah sebuah olahraga yang sangat mengandalkan kecepatan,kekuatan fisik,kekompakan tim dan strategi dalam memainkannya.Olahraga sepakbola bukan hanya   tentang mengerti  peraturan-peraturan dalam permainan sepak bola , namun untuk bisa bermain sepakbola dengan baik, kamu perlu menguasai teknik dasar dalam bermain sepak bola. Jika kamu hanya mengandalkan kekuatan tubuh dan kecepatan tanpa mempelajari teknik dalam bermain sepak bola maka hal tersebut tidaklah cukup dalam memainkan permainan sepakbola yang baik dan benar serta untuk memperoleh suatu kemenangan dalam sepakbola.Sehingga sobat harus mengetahui dan mampu menguasai semua teknik-teknik dasar dalam permainan sepakbola,agar sobat dapat memainkan permainan sepakbola yang baik,benar,dan berkualitas seperti layaknya para pemain profesional.

Beberapa teknik dasar yang perlu dimiliki dan dipelajari oleh pemain sepakbola adalah sebagai berikut:

1.Teknik MenendangBOLA (Kicking)

 

Teknik menendang bola adalah  teknik menyentuh atau mendorong bola menggunakan kaki. Teknik ini merupakan salah satu karakteristik dan aktivitas yang paling dominan dalam permainan sepak bola. Dari start sampai permainan selesai, yang di lakukan para pemain di lapangan adalah menendang bola.Tujuan utama menendang bola adalah untuk mengumpan bola (passing),menyapu bola atau membuang jauh bola ke arah wilayah pertahanan lawan dan menembak bola ke arah gawang (shooting). Dilihat dari perkenaan bagian kaki ke bola, teknik menendang bola dapat di bagi menjadi tiga bagian yakni: menendang bola menggunakan kaki bagian dalam; menendang bola menggunakan kaki bagian luar; dan menendang bola menggunakan kaki bagian punggung.

  1. Teknik menendang bola menggunakan kaki bagian dalam:Pada umumnya teknik ini digunakan untuk mengumpan jarak pendek.
    Analisis gerakannya yaitu sebagai berikut
  1. a) Berdiri dengan sikap melangkah, satu kaki di depan dan kaki lainnya di belakang, kaki yang depan berada di samping bola dan sekaligus sebagai kaki tumpu.
  2. b) Badan berdiri agak tegak, angkat kaki belakang sebagai kaki yang digunakan untuk menendang bola  dengan posisi pergelangan kaki diputar ke arah luar.
  3. c) Selanjutnya tendang bola dengan sentuhan kaki bagian dalam.
  1. Teknik menendang bola menggunakan kaki bagian luar: 

Pada umumnya teknik menendang dengan kaki bagian luar digunakan untuk mengumpan jarak jauh.
Analisis gerakannya yaitu sebagai berikut

  1. a) Berdiri dengan sikap melangkah, satu kaki di depan dan kaki lainnya di belakang, kaki yang depan berada di samping bola dan sekaligus sebagai kaki tumpu.
  2. b) Badan berdiri agak tegak, angkat kaki belakang sebagai kaki yang digunakan untuk menendang bola dengan posisi pergelangan kaki diputar ke arah dalam.
  3. c) Selanjutnya tentang bola dengan sentuhan kaki bagian luar.
  1. Teknik menendang bola menggunakan kaki bagian punggung kaki:

Pada umumnya menendang dengan punggung kaki digunakan untuk menembak ke gawang atau shooting.
Analisis gerakannya yaitu sebagai berikut

  1. a) Sikap badan dibelakang bola dan agak condong ke depan, salah satu kaki didepan sebagai kaki tumpu dan menghadap ke sasaran dengan lutut sedikit ditekuk.
  2. b) Kaki tendang berada di belakang bola dengan punggung kaki menghadap bola, lalu ayunkan ke depan sehingga mengenai bola tepat pada punggung kaki, sedangkan perkenaan terhadap bola berada ditengah-tengah.
  3. c) Selanjutnya gerakan kaki mengikuti arah lepasnya bola

Untuk lakukan sepakan yang baik, sobat mesti lakukan koordinasi pada semua anggota badan anda. Di bawah ini merupakan tehnik menendang yang benar dengan koordinasi dari semua anggota tubuh.

  1. a) Posisi Kepala

Yang disebut dengan posisi kepala yakni saat sebelum menendang bola futsal lovers sebaiknya merekam keadaan lapangan, di mana posisi rekan serta lawan ada, supaya futsal lovers bisa memastikan kearah mana bola bakal ditendang. Sesudah terekam semuanya, kepala lalu menghadap ke bola serta mata mengkoordinasikan sisi dari bola mana yang bakal ditendang.

  1. b) Posisi Kaki

Bila posisi kaki ada di segi depan bola, jadi bola bakal jalan lurus serta mendatar di tanah. Bila posisi kaki ada disisi samping bola jadi tidaklah terlalu kencang larinya. Sedang bila posisi ada di segi belakang bola, jadi akhirnya bola bakal melambung tinggi.

  1. c) Sisi dari bola yang bakal ditendang

Dalam menendang sisi mana bola yang bakal ditendang bakal punya pengaruh pada jalannya bola. Bila menendang segi kiri bola, jadi bola bakal bergerak melengkung ke kanan. Bila menendang pas dibagian tengah bola, jadi bola bakal bergerak lurus ke depan. Bila menendang dari segi kanan bola, jadi bola bakal bergerak menlengkung ke kiri. Sedang bila menendang pas di atas bola, besar kemungkinan bola akan tidak bergerak kemana-mana. Apabila anda menendang pas dibagian bawah bola jadi bola terangkat dan melambung ke depan.

  1. d) Kemampuan Kaki

Laju cepat atau lambatnya bola ditetapkan oleh seberapa kuat kaki anda sebelumnya menendang atau melakukan ancang-ancang.

  1. e) Bagian kaki untuk menendanng

Daerah sisi dalam kaki lebih banyak digunakan pada permainan sepakbola. Dikarenakan tingkat keakuratannya cukup tinggi dalam melakukan passing atau umpan.

Teknik Langkah MenendangBOLA

Ada enam teknik langkah menendang bola. Sebagian dari teknik itu kerap kita lakukan, tetapi sebagian yang lain diperlukan teknik latihan sendiri. Ketujuh tehnik itu ialah :

  1. Menendang dengan sisi dalam kaki
  2. Menendang dengan sisi luar kaki
  3. Menendang dengan punggung kaki (kura-kura)
  4. Menendang dengan punggung sisi dalam kaki
  5. Menendang dengan tumit
  6. MengangkatBOLA dengan ujung jari kaki/sepatu

2.Teknik Menggiring Bola

Menggiring bola adalah menendang bola secara terputus – putus atau pelan dengan menggunakan kaki, oleh karenanya bagian kaki yang dipergunakan dalam menggiring bola sama dengan bagian kaki yang dipergunakan untuk menendang bola. Tujuan utama dalam menggiring bola antara lain adalah untuk mendekati jarak kesasaran, melewati lawan, dan menghambat permainan.

Dribbling atau menggiringBOLA dalam sepak bola amatlah utama. Lantaran dribbling merupakan satu diantara tehnik basic dalam sepak bola. Dalam sejarah sepak bola dari zaman dulu dribbling atau menggiring bola dalam sepak bola sangatlah penting. Karena dribbling adalah salah satu teknik dasar dalam sepak bola. Ketika kamu tidak menemukan teman yang bisa diumpan, Anda harus mendribbling atau menggiring bola tersebut. Demikian pula ketika mengumpan akan berakibat offside, Kamu bisa jadi harus menggiring.

Menggiring pada dasarnya dibedakan menjadi dua yaitu closed dribbling dan speed dribbling. Closed dribbling dilakukan dengan kontrol penuh atasBOLA, dilakukan ketika bola tidak benar-benar aman dari lawan kita. Pada closed dribbling, bola tidakBOLEH berada lebih dari 1 meter didepan kaki kita.

Adapun speed dribbling hanya memiliki satu tujuan yaitu kecepatan dalam membawa bola. Pada speed dribbling, kita menggiring bola dengan berlari secepat-cepatnya. Bisa dilakukan dengan menendang bola kedepan lalu kita kejar sekuat-kuatnya. Namun syaratnya, kita harus benar-benar bebas dari tekanan dan jangkauan lawan.

1)   Tips-tips menggiring bola yang baik&benar

  1. a) Jika kamu ingin membawa bola dengan cepat ke daerah kosong (tidak ada lawan), lakukanlah speed dribbling yakni dengan menendang bola agak jauh ke depan lalu mengejarnya. Namun jika Anda membawa bola di sekeliling lawan, lakukanlah closed dribbling yakni dengan membawa bola depan secara perlahan-lahan dan senantiasa menjaga agar bola tidak lebih dari setengah meter di depan Anda. Dalam melakukan closed dribbling, jangan menambah kecepatan dengan cara memperlebar langkah kaki Anda atau mendorong bola lebih jauh ke depan, akan tetapi tingkatkanlah frekuensi langkah kaki Anda.
  2. b) Jangan terlalu banyak menggiring di sepertiga lapangan pertahanan. Kamu boleh lebih leluasa menggiring di sepertiga lapangan lawan.
  3. c) Sewaktu menggiring, jika lawan membayangimu dari samping maka teknik berbalik (turning) seringkali bisa membantu Anda mengecohnya.
  4. d) Ketika kamu membawa bola dan ada lawan di depanmu, sangat baik jika kamu tidak tergesa-gesa mengumpankan bola padahal masih jauh dari lawan. Giringlah bola terlebih dahulu mendekati sang lawan, dan pada saat yang seakhir mungkin umpankanlah bola kepada teman. Dengan demikian, sang lawan pasti akan terlambat untuk bisa mengantisipasi bola tersebut. Namun, jika kamu terlambat dalam mengumpan maka sangat mungkin lawan akan bisa merebut bola dari kakimu.
  5. e) Sewaktu menggiring, jika lawan menghadang di depanmu maka umpankanlahBOLAkepada teman atau lewatilah lawan yang menghadang tersebut. Terdapat banyak teknik untuk melewati lawan, yang pada prinsipnya adalah menjadikan lawan sulit bergerak mengejarBOLA, mati langkah, salah antisipasi, atau kehilangan keseimbangan. Diantara teknik-teknik tersebut adalah matthews move, menggunting (scissors move),step over, cruyf move,melewatkan di bawah kedua kaki lawan (nutmeg move), berpura-pura mau menendang (fake kick), berputar (spin move), mencungkil bola (sombrero move) dan elastico move.
  6. f) Kamu boleh kehilangan bola asalkan mendapatkan ganti yang pantas untuk itu, seperti tendangan pojok, tendangan bebas, lemparan kedalam, atau bahkan tendangan penalti.
  7. g) Menggiring bisa dilakukan ke arah mana saja, termasuk ke arah belakang jika dianggap perlu, misalnya untuk mencari dan menciptakan kombinasi yang lebih baik.
  8. h) Jika temanmu yang sedang menggiring bola berada dalam kesulitan, segeralah datang membantu dengan cara mengambil posisi yang tepat untuk bisa diberi umpan.
  9. i) Kamu bisa menciptakan ruang bagi temanmu untuk menerima umpan secara leluasa dengan cara menggiring bola yang kamu kuasai sedemikian sehingga tercipta ruang itu atau dengan memancing lawan mengejarmu sementara kamu menciptakan ruang bagi teman-temanmu. Namun, ini hanya disarankan jika kamu terampil dalam menggiring.
  10. j) Para pemain yang bisa menggiring paling baik disarankan untuk di tempatkan di sayap, dengan harapan bisa menyibukkan para pemain lawan sehingga terserabut ke tepi lapangan dan terciptalah ruang yang longgar di tengah lapangan

2)     Teknik Menggiring Bola (Dribbling)

Menggiring bola yaitu, mendorong bola atau menendang bola ke depan secara pelan dengan variasi ke samping sambil berlari sehingga bola bergulir di tanah dan tetap dalam penguasaan pemain.

Menggiring bola merupakan salah satu keterampilan gerak dalam permainan sepakbola yan berfungsi untuk menguasai bola secara sepenuhnya.Menggiring bola dapat dilakukan dengan cara membawa bola menggunakan kaki,baik di daerah pertahanan sendiri maupun di daerah pertahanan lawan. Teknik menggiring bola dapat dilakukan dengan kaki bagian dalam, kaki bagian luar, dan kaki bagian punggung baik menggunakan kaki kanan, kaki kiri, atau kaki kanan dan kiri secara bergantian.

  1. Cara menggiringBOLA dengan menggunakan kaki bagian dalam

1)     Berdiri posisi melangkah (kaki kanan di depan),berat tubuh bertumpu pada kaki belakang (kaki kiri) dengan lutut agak sedikit ditekuk.

2)     Letakkan bola di depan dan posisikan kedua lengan untuk menjaga keseimbangan.

3)     Dorong bola ke depan secara perlahan-lahan menggunakan kaki bagian dalam.

4)     Usahakan kedua kaki selalu dekat denganBOLA dan sesuaikan irama langkah dengan bola.

  1. Cara menggiring bola dengan menggunakan kaki bagian luar

1)     Berdiri posisi melangkah (kaki kanan di depan),berat tubuh bertumpu pada kaki belakang (kaki kiri) dengan lutut agak sedikit ditekuk.

2)     Letakkan bola di depan dan posisikan kedua lengan untuk menjaga keseimbangan.

3)     Dorong bola ke depan secara perlahan-lahan menggunakan kaki bagian luar.

4)     Usahakan kedua kaki selalu dekat dengan bola dan sesuaikan irama langkah dengan bola.

 

 

  1. Cara menggiring bola dengan menggunakan kaki bagian punggung

1)     Berdiri posisi melangkah (kaki kanan di depan),berat tubuh bertumpu pada kaki belakang (kaki kiri) dengan lutut agak sedikit ditekuk.

2)     Letakkan bola di depan dan posisikan kedua lengan untuk menjaga keseimbangan.

3)     Dorong bola ke depan secara perlahan-lahan menggunakan kaki bagian punggung.

4)     Usahakan kedua kaki selalu dekat denganBOLA dan sesuaikan irama langkah dengan bola.

 

 

  • Berikut alur gerak menggiringBOLA secara umumnya:
  1. a) Posisi kaki menggiring bola sama dengan posisi menendang bola.
  1. b) Kaki yang digunakan untuk menggiring bola tidak ditarik kebelakang hanya diayunkan kedepan.
  2. c) Diupayakan setiap melangkah, secara teratur bola disentuh/didorong bergulir kedepan.
  3. d) Bola bergulir harus selalu dekat dengan kaki agar bola dapat dikuasai.
  4. e) Pada waktu menggiring bola kedua lutut sedikit ditekuk untuk mempermudah penguasaan bola.
  5. f) Pada saat kaki menyentuh bola, pandangan ke arah bola dan selanjutnya melihat situasi kelapangan.
  1. Teknik Mengumpan atau Mengoper Bola (Passing)

Teknik mengumpan atau mengoper bola adalah gerakan membagi atau mengumpan bola kepada teman satu tim.. Dalam teknik passing ada dua jenis passing yaituSHORTpass dan long pass. Mengoper dengan short pass menggunakan kaku bagian dalam dan dengan power yang sedang. Sementara mengoper dengan long pass menggunakan kaki bagian luar dengan kekuatan penuh. Tujuan passing atau mengumpan adalah untuk menghindari lawan yang ingin merebut bola dan membuka peluang untuk menerobos daerah pertahanan lawan.Mengumpan serta menerima bola merupakan yang paling penting dari sepakbola. Siapa tak bisa passing, ia tak bisa bermain sepakbola. Kenapa umpan? Lantaran mengumpan lebih efektif dari pada menggiring. Camkan juga kalau pembawa bola yang baik senantiasa mengumpan bola sebelum ia ‘habis’. Jadi janganlah bila telah ‘habis’ baru mengumpankan bolanya. Sebab bila sekian, bolanya tentu bola yang ‘tidak enak’.

Sebagian kekeliruan dalam mengumpan :

  1. a) LajuBOLA tidak pas dengan jarak passing (sangat keras atau sangat lembek). Bila sangat keras, bola tidak terjangkau rekan. Bila sangat lembek, bola terpotong lawan.
  2. b) Umpan tak akurat.
  3. c) Mengumpan padahal waktunya menembak
  4. d) Jangan sampai asal tendang bola (terkecuali dalam kondisi genting didepan gawang). Saksikan kondisi lantas ambillah ketentuan yang paling baik. Masalah visi, posisikan diri senantiasa mempunyai pandangan terbuka pada lapangan.
  5. e) Mengumpan tak mesti pas ke orangnya. Bila rekan kita tengah lari, kita memberikannya umpan pada ruang kosong didepannya. Bila kita mau rekan kita merangsek ke depan kurun waktu yang lebih cepat, kita memberikan umpan pada ruangan kosong didepannya hingga ia lari kedepan untuk menguberBOLA
  6. f) Terima bola tidak selalu mesti menghentikannya. Dapat segera diarahkan pada rekan. Diarahkan ke arah kita bakal berlari membawa bola (sehigga lebih irit waktu). Diarahkan ke arah kosong menjauh dari lawan paling dekat (untuk kurangi pressing pada diri kita).

Sebagian jenis jenis passing yaitu umpan 1-2 (wall pass), umpan terobosan (through pass), umpan silang (crossing), serta umpan diagonal.

  1. Teknik Menghentikan atau Mengontrol Bola (Stoping or Controling)

Teknik  menghentikan atau mengontrolBOLA adalah suatu cara yaitu berupa sikap dan gerakan dalam menghentikan laju bola  yang datang ke arah kita dengan menggunakan berbagai bagian tubuh agar bola dapat dikuasai secara penuh dan utuh.Teknik menghentikan atau mengontrol bola merupakan salah satu teknik dasar dalam permainan sepak bola yang penggunaannya bersamaan dengan teknik menendang bola. Tujuan mengontrol bola adalah untuk mengatur tempo permainan, mengalihkan laju permainan, dan memudahkan untuk mengoper bola.

HentikanBOLA adalah satu diantara tehnik basic dalam permainan sepakbola yang pemakaianya berbarengan dengan tehnik menendang bola.

Panduan-panduan atau tips-tips dalam mengontrol bola :

Alur gerak Menghentikan bola:

  1. a) Posisi badan segaris dengan datangnya bola
  2. b) Kaki tumpu mengarah pada bola dengan lutut sedikit ditekuk.
  3. c) Kaki penahan diangkat sedikit dengan permukaan bagian dalam kaki dijulurkan kedepan segaris dengan datangnya bola
  4. d) Bola menyentuh kaki persis di bagian dalam/mata kaki.
  5. e) Kaki penahan mengikuti arahBOLA.Untuk teknik menghentikanBOLA masih terdapat banyak cara yang dapat dilakukan diantaranya yaitu menggunakan punggung kaki, paha, dada, dan kepala sesuai situasi dan kondisi bola.

Teknik menghentikan bola ada beberapa macam yaitu:


1)     Teknik menghentikan bola menggunakan kaki bagian dalam.

2)     Teknik menghentikan bola menggunakan kaki bagian luar.

3)     Teknik menghentikan bola menggunakan kaki bagian punggung

4)     Teknik menghentikan bola menggunakan kaki bagian telapak/sol sepatu

5)     Teknik menghentikan bola menggunakan kaki bagian paha

6)     Teknik menghentikan bola menggunakan dada dan perut.

7)     Teknik menghentikan bola menggunakan kepala.

Pelaksanaan Teknik menghentikan bola menggunakan kaki pada dasarnya hampir sama dengan teknik menendang bola, perbedaannya pada teknik menghentikan/menahan bola dengan kaki, bola kita songsong/stop/tahan, sedang pada teknik menendang bola kita dorong/tendang.

Berikut ini merupakan beberapa cara mengontrol atau menghentikan bola dengan menggunakan beberapa bagian tubuh:

  1. Cara mengontrol atau menghentikan bola dengan menggunakan kaki bagian dalam

1)     Sikap berdiri menghadap ke arah datangnya bola,kemudian bergeraklah mendekati ke arah bola

2)     Julurkan kaki kanan ke arah bola,dan tahan pergerakan bola menggunakan kaki bagian dalam dengan sedikit  sentuhan atau tarikan

3)     Jatuhkan bola di antara kedua kaki

  1. Cara mengontrol atau menghentikanBOLA dengan menggunakan kaki bagian luar

1)     Sikap berdiri menghadap ke arah datangnya bola,kemudian bergeraklah mendekati ke arah bola

2)     Julurkan kaki kanan ke arah bola,dan tahan pergerakan bola menggunakan  kaki bagian luar dengan sedikit  sentuhan atau tarikan

3)     JatuhkanBOLA di antara kedua kaki

  1. Cara mengontrol atau menghentikan bola dengan menggunakan punggung kaki:

1)     Sikap berdiri menghadap ke arah datangnya bola,kemudian bergeraklah mendekati ke arah bola

2)     Julurkan kaki kanan ke arah bola,dan tahan pergerakan bola menggunakan punggung kaki dengan sedikit  sentuhan atau tarikan

3)     Jatuhkan bola di antara kedua kaki

  1. Cara mengontrol atau menghentikan bola dengan menggunakan telapak kaki

1)     Sikap berdiri menghadap ke arah datangnya bola

2)     Dekati bola yang sedang bergerak

3)     Julurkan kaki kanan ke arah bola dan hentikan bola dengan telapak kaki

4)     Telapak kaki ditarik ke belakang bersamaan dengan datangnya bola

  1. Cara mengontrol atau menghentikan bola dengan menggunakan paha:

1)     Sikap berdiri  menghadap ke arah datangnya bola dan memposisikan badan satu arah dengan bola

2)     Tempatkanlah tubuh di bawah datangnya bola dalam posisi yang seimbang

3)     Angkat salah satu kaki dan tekuk lutut hingga paha berada pada bidang datar tepat di bawah lambungan bola

4)     HentikanBOLA melalui sedikit sentuhan dengan paha

5)     Jatuhkanlah bola di antara kedua kaki

  1. Cara mengontrol atau menghentikan bola dengan menggunakan dada:

1)     Sikap berdiri menghadap ke arah datangnyaBOLA

2)     Posisikan tubuh sehingga dada satu arah dengan datangnya bola

3)     Busungkanlah dada sehingga terbuka lebar dan kedua tangan melebar dalam posisi yang seimbang

4)     Tahan bola tepat di dada dengan sedikit sentuhan atau tarikan ke belakang

  1. Cara mengontrol atau menghentikan bola dengan menggunakan perut:

1)     Sikap berdiri menghadap ke arah datangnya bola

2)     Posisikan tubuh segaris dengan arah datangnya bola,dan bergerak ke depan untuk  menjemput bola

3)     Tahan bola menggunakan perut dengan sentuhan atau menarik perut ke belakang sambil menjaga keseimbangan

4)     Jatuhkanlah bola di antara kedua kaki

 

  1. Teknik Menyundul Bola (Heading)

Teknik menyundulBOLA adalah suatu sikap dan gerakan mendorongBOLAmenggunakan kepala khususnya bagian dahi dengan maksud yaitu untuk mengoper bola, cetak gol, dan mematahkan serangan lawan atau membuang bola,gerakan ini dapat dilakukan jika bola berada di udara atau melayang.

Tujuan utama dari teknik menyundul bola dalam permainan sepak bola adalah untuk mengoper atau mengumpan bola, mencetak gol ke gawang lawan, dan mematahkan serangan lawan atau membuang bola.

Banyak gol terwujud dalam permainan sepakBOLA dari hasil sundulan kepala. Pemain mesti belajar untuk menyundul bola memakai dahi, bukanlah ubun-ubun kepala.

Pemain mesti sadar kalau mereka yang bakal menyundul bola, bukanlah bola yang mengenai mereka. Dilihat dari posisi badannya, menyundul bola bisa dikerjakan sembari berdiri serta sembari meloncat/melompat.

Teknik menyundulBOLA dapat dilakukan dengan dua cara yaitu menyundul bola dengan awalan dan menyundul bola tanpa awalan:

  1. Cara menyundul bola dengan awalan:

1)     Berdiri dalam posisi seimbang menghadap ke arah datangnya bola

2)     Pandangan mengarah datangnya bola di udara

3)     Bergerak mendekati bola setelah berjarak kira-kira satu meter antara kepala dan bola,lalu melompat untuk melakukan sundulan dengan menguatkan leher

4)     Sundulan dilakukan dengan menggunakan dahi

5)     Mendaratlah dengan tumpuan kaki sedikit ditekuk

  1. Cara menyundul bola dengan tanpa awalan:

1)     Berdiri dalam posisi seimbang menghadap ke arah datangnyaBOLA

2)     Kedua kaki dibuka sejajar bahu dan pandangan ke arah datangnya bola

3)     Kedua lengan terbuka ke samping tetapi rileks

4)     Bergerak mendekatiBOLA dan lakukan sundulan dengan menguatkan leher

5)     Sundulan bola dilakukan dengan menggunakan dahi

6.Teknik Merebut Bola (Intercept)

Teknik merebut bola (intercept) adalah suatu gerakan merebut bola baik itu dengan cara memotong pergerakan laju bola dari sepakan kaki pemain lawan maupun gerakan merebut bola dari penguasaan para pemain lawan. Teknik dasar  ini butuh dilakukan bersama dengan rekan satu tim sehingga akan lebih mudah merebut bola dari kaki lawan.Karena pada dasarnya yaitu merebut bola dari kaki lawan. Hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan teknik ini adalah belajar membaca gerakan lawan serta upayakan membaca gerakan bola dari pada menghadap secara fisik lawan main.

Saat sobat mendalami gerak tipu tanpa adaBOLA anda dapat juga mengaplikasikan gerak tipu untuk merebut bola dari lawan. Hal yang paling gampang dalam intercept yaitu menghadang laju bola yang diumpan dengan cara long pass.

 

  1. Teknik MenyapuBOLA (Sliding Tackle)

Teknik menyapu bola (Sliding tackle) adalah suatu sikap dan gerakan merebut bola dengan cara menjatuhkan badan dan meluncur merebut bola.Teknik sliding tackle pada umumnya dilakukan dengan menggunakan satu kaki saja,namun tak menutup kemungkinan terkadang sliding tackle dilakukan dengan menggunakan dua kaki.Teknik sliding tackle sesungguhnya cukup rawan untuk dilakukan dalam permainan sepakbola karena menyebabkan terjadinya pemberian kartu kepada sang pemain yang melakukannya jika sliding tackle yang ia lakukan tidak mengenai sasaran bola tetapi mengenai kaki pemain lawan.Namun teknik ini sah-sah saja untuk dilakukan dan wajib bagi seseorang pemain yang masih amatir maupun yang sudah professional untuk menguasainya,agar pada saat keadaan tertentu bola dapat direbut secepat mungkin.Dalam melakukan teknik sliding tackle sobat harus  memerhatikan timing yang tepat untuk melalukan sliding tackle lantaran jika salah sedikit saja perkiraan waktu maka hal tersebut bisa menghasilkan kartu dari wasit.Karena jika timing atau perkiraan kita salah maka yang akan terjadi ialah kemungkinan bukanBOLA disentuh,tetapi kaki pemain lawan.Hal yang tidak diijinkan dalam Sliding tackle yaitu lakukan dari belakang lawan, tackle dengan tehnik menggunting serta mengangkat kaki keatas saat lakukan tackle.

  1. Teknik MenangkapBOLA (Goal Keeping) Untuk Penjaga Gawang

Teknik menangkap bola adalah suatu gerakan menangkap bola yang dilakukan oleh penjaga gawang dengan maksud agar gawang tidak terjadi kebobolan atau bola sampai masuk ke dalam gawang.Tehnik basic menangkap bola cuma berlaku untuk kiper (penjaga gawang), hal ini sudah pasti lantaran dalam permainan sepak bola, para pemain tak bisa menyentuh bola terkecuali penjaga gawang. Latihan yang umum dikerjakan yaitu menangkap bola dari kanan atau kiri atau dapat pula dengan tembakan pinalti.

9.Teknik Melempar Bola Ke Dalam Lapangan (Throw In)


Teknik dasar yang kesembilan dalam permainan sepakbola yang harus sobat kuasai adalah melempar bola ke dalam lapangan (throw in).Teknik melempar bola ke dalam lapangan (throw in) adalah suatu teknik melemparkan bola ke dalam lapangan dengan menggunakan kedua tangan di bagian samping sisi bola.Hal terpenting dalam teknik melempar bola ke dalam lapangan ini ialah tangan yang digunakan harus menggunakan kedua tangan dan tidakBOLEH menggunakan  satu tangan dalam menggunakannya.Dan pada saat melakukan lemparan posisiBOLA harus berada di atas kepala.Saat melempar, pandangan mata haruslah fokus ke arah teman satu tim,sehingga bola akan mendarat ke arah teman dan bukan kepada lawan.Teknik melempar bola ini bisa dilakukan dengan cara melemparkan bola dalam jarak yang dekat dengan teman satu tim maupun bola dilemparkan sejauh mungkin kepada teman satu tim.Bedanya adalah bila kita melakukan lemparan bola yang jauh kepada teman satu tim,maka kita harus mengambil ancang-ancang terlebih dahulu sebelum melakukan lemparan.

 

Demikianlah Artikel lengkap yang berjudul 9 Teknik Dasar Dalam Permainan SepakBOLA Beserta Penjelasannya Terlengkap.Semoga dapat bermanfaat

Top