Olahraga

5 Tips Memulai Berolahraga

Gaya hidup yang tidak aktif saat ini merupakan masalah kesehatan yang semakin cepat berkembang dan termasuk faktor penyebab berbagai macam penyakit tidak menular di Indonesia, termasuk diantaranya adalah obesitas, penyakit jantung, diabetes, hipertensi, kanker, depresi, dan osteoporosis. Berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar Indonesia tahun 2007, penyebab kematian terbanyak disebabkan oleh penyakit tidak menular, dan tiga penyakit utama adalah stroke, hipertensi dan diabetes.

 

Seperti disinggung di atas, ketiga penyakit ini seperti penyakit lainnya dalam kelompok penyakit tidak menular, sangat terkait dengan gaya hidup yang tidak aktif. Bahkan orang yang tidak aktif dalam hidupnya memiliki risiko terkena serangan jantung dua kali lebih besar daripada orang yang teratur melakukan olahraga.

Melihat fakta di atas, maka tampak bahwa peran olahraga dan aktivitas fisik dalam kehidupan kita sehari-hari sangatlah penting. Berikut adalah beberapa tips untuk membuat langkah pertama Anda berolahraga lebih mudah dan ringan:

  1. Realistis dengan waktu. Tidak jarang alasan tidak punya waktu adalah hal pertama yang kita ungkapkan ketika hendak melakukan olahraga. Tetapi coba pikirlah baik-baik. Sebenarnya meluangkan 30 menit setiap hari hanya akan memotong sebanyak 2% dari 24 jam. Tidak banyak bukan? Mulailah perlahan-lahan dan tingkatkan sedikit demi sedikit. Apabila 30 menit terlihat sulit, mulailah dengan 15 menit lalu tingatkan 5 menit setiap hari sehingga mencapai 30 menit.
  2. Realistis dengan target yang ingin dicapai. Apabila Anda termasuk orang yang melakukan olahraga untuk menurunkan berat badan atau meningkatkan kebugaran hingga mencapai target pribadi, maka janganla terlalu muluk dalam menentukan target Anda. Buat target yang Anda rasa dapat dicapai dan jangan putus asa apabila pada waktu yang Anda tentukan, target tersebut belum tercapai. Apabila Anda termasuk orang yang sudah memiliki gangguan atau penyakit, maka sebaiknya berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter Anda untuk menentukan target yag realistis dan program latihan yang sesuai.
  3. Tampil ceria dengan peralatan yang sesuai. Bagi kaum hawa, berpakaian atau belanja baju merupakan suatu kesenangan. Nah, tidak ada salahnya kegiatan ini Anda gunakan untuk memacu Anda berolahraga. Sedangkan untuk para lelaki, tentunya tampil menawan dengan peralatan yang trendi tentu akan membantu Anda semakin bersemangat. Pakailah baju olahraga yang terbuat dari bahan yang menyerap keringat, sepatu olahraga yang pas di kaki dan kaos kaki yang nyaman.
  4. Bersenang-senanglah. Pilihlah jenis aktivitas yang menyenangkan, apabila Anda senang berjalan kaki, mulailah dengan berjalan kaki setiap hari, apabila Anda senang yoga, mulailah melakukan gerakan-gerakan yoga yangmudah di rumah. Variasikan jenis olahraga yang Anda lakukan sehingga Anda tidak mengalami kebosanan. Ajak keluarga atau teman Anda sehingga kegiatan olahraga juga menjadi kegiatan yang dapat dimanfaatkan untuk bersenang-senang dengan teman atau keluarga Anda.
  5. Ingat dan rayakan keberhasilan Anda. Catatlah aktivitas olahraga Anda di jurnal, kalender atau smartphone Anda dan juga bagaimana perasaan Anda sesudah sesi olahraga tersebut. Apabila Anda sudah mencapai gol atau tujuan yang Anda inginkan, maka rayakan momen ini sehingga Anda tidak kehilangan motivasi. Tentunya rayakanlah dengan cara yang sehat dan bukan dengan hal-hal yang memperburuk program Anda. Hindarilah merayakan dengan makan makanan tinggi kalori tetapi justru dengan hal-hal yang dapat memotivasi Anda, misalnya dengan membeli baju olahraga yang baru atau sepatu olahraga yang paling modern atau liburan ke pantai.
Top